Rabu, 23 Mei 2012

Pengadaaan Barang di BUMN Tidak Lagi Gunakan Perantara


JAKARTA, (PRLM).- Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan akan segera melaksanakan Instruksi Presiden SBY agar berbagai pengadaan dan pembelian barang, khususnya di lingkungan BUMN, tidak lagi menggunakan perantara atau perusahaan ketiga.

Hal itu untuk penghematan dan memangkas biaya-biaya tidak perlu yang menyebabkan nilai pengadaan barang menjadi naik.


"Pemerintah, Presiden kan sudah jelas, seperti dalam pembelian minyak, BBM tidak usahlah lewat perantara seperti itu (PT Petral). Namun, kan itu tidak bisa serta langsung dilakukan, mesti dikaji dan dipersiapkan dulu. Tapi prinsipnya kita akan laksanakan bahwa dalam pengadaan barang di pemerintahan tidak lagi menggunakan perantara lagi," ujar Dahlan Iskan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (22/5).

Terkait pengadaan minyak atau BBM yang dilakukan selama ini, di antaranya lewat PT Petral yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina, Dahlan setuju selanjutnya pembelian kebutuhan BBM dalam negeri dilakukan langsung oleh pemilik atau penjual minyak tersebut.

"Ini yang kita lagi pelajari juga agar pembelian BBM langsung pada pemiliknya. Namun, hal ini juga mesti dilakukan hati-hati agar tidak ada hal yang dilanggar dalam pelaksanaannya, sehingga ada pihak-pihak yang dirugikan. Saya setuju pembelian minyak mesti dilakukan langsung oleh Pertamina tidak lewat perusahaan ketiga lagi, langsung pada pemilik-pemilik kilang di luar dari kilang Pertamina sendiri," urainya.

Dahlan mengatakan pihaknya saat ini sudah mulai melaksanakan Instruksi Presiden tersebut. "Saya Senin sudah mulai hal itu dengan tanda tangan hal itu, dimulai dari Rajawali Nusantara Indonesia," katanya. (kominfo/A-89)***



sumber: Harian Pikiran Rakyat, Rabu, 23/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...