Minggu, 13 Mei 2012

Memperkenalkan KUMKM Melalui Fotografi


BANDUNG, (PRLM).- Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat sangat tinggi potensinya. Sayangnya, meski banyak KUKM unggulan namun yang terdokumentasikan secara visual masih belum maksimal. Karenanya perlu ada usaha untuk memperkenalkannya melalui kegiatan yang melibatkan komunitas fotografi.

Hal tersebut disampaikan Farida Suhartono, Kepala Seksi Bidang Kemitraan dan Pengembangan Produk UMKM Dinas KUMKM Jawa Barat, pada pembukaan lokakarya sekaligus tur promosi “Kontes Foto Produk-Produk Unggulan KUMKM Jabar 2012” yang digelar Dinas KUMKM Jawa Barat bekerjasama dengan Ray Bachtiar Drajat Studio di Rumah Makan Racik Desa Limbangan Kabupaten Garut, Sabtu (12/5) siang.
Kegaiatan yang diikuti puluhan fotografer dari Garut dan Bandung tersebut diisi dengan teori memotret, pelatihan, serta trik kreatif memotret produk “still life” dan fashion, yang disampaikan fotografer kreatif asal Bandung, Ray Bachtiar.
Menurut Farida, banyak potensi UKM yang menakjubkan namun tidak diketahui publik. “Orang hanya tahu Garut potensial di bidang kerajinan kulit atau makanan dodol. Namun jika kita dalami, potensi baru seperti kerajinan akar wangi, masih belum terangkat secara maksimal,” jelas Farida.
“Kami mencoba membangun persepsi publik melalui pencintraan. Dan pencitraan produk dalam negeri khususnya Jawa Barat, bisa terangkat melalui fotografi. Saya meyakini 150 juta golongan menengah di indonesia itu di dalamnya terdapat komunitas fotografi yang mampu menjadi trendsetter,” jelasnya.
Pada lokakarya ini, Ray Bachtiar menjelaskan peranan fotografi dalam konteks sosial budaya kemasyarakatan. Dijelaskannya, sebagai fotografer masyarakat tidak hanya pelaku dokumentasi saja. “Dalam era globalisasi, budaya lokal menjadi kekuatan dalam mengangkat citra daerah. Dengan foto yang menarik, wisatawan akan tertarik untuk mencari dan membeli produk yang ditawarkan. Di sini fotografi sudah meningkatkan potensi ekonomi,” ujar Ray yang juga penggagas Komunitas Lubang Jarum Indonesia.(A-58/A-147)***






sumber: Harian Pikiran Rakyat, Sabtu, 12/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...