Senin, 21 Mei 2012

Saham Facebook Dilepas $38 per Lembar


NEW YORK, (PRLM).- Facebook telah menetapkan harga saham mereka menjelang dimulainya perdagangan saham terbesar dalam sejarah bursa. Perusahaan jejaring sosial itu mengatakan harga saham adalah $38 perlembar dan perdagangan dimulai di New York, Jumat (18/5).

Dengan harga tersebut, perusahaan berusia delapan tahun itu akan bernilai $104 miliar. Permintaan saham diperkirakan akan sangat tinggi dan pekan ini Facebook mengumumkan mereka akan melepas saham 25% lebih banyak dari rencana semula.


Namun pertanyaan masih menggantung akan kemampuan perusahaan ini menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan platform telefon seluler.

Ada juga kekhawatiran bahwa bila Facebook harus memenuhi kehendak pemegang saham, akan ada tekanan lebih besar lagi untuk beriklan demi menghasilkan keuntungan.

Awal pekan ini, Facebook mengindikasikan harga akan ditetapkan antara $34-$38, dengan 421 juta lembar saham siap dilepas. Peristiwa ini menandai salah satu perdagangan saham atau penawaran umum perdana (IPO) terbesar dalam sejarah AS. Dengan menjual saham di angka tersebut, Facebook meraih pendapatan $16 miliar.

Tetapi, para pemegang saham baru kelak tidak akan memiliki banyak suara dalam pengambilan kebijakan manajemen perusahaan. Saham yang ditawarkan adalah saham A, yang mewakili satu suara per saham, sedangkan saham pemilik saat ini adalah tipe B, yang mewakili 10 suara per saham.

Zuckerberg yang kini menguasai seperempat perusahaan itu, bersiap untuk meraup keuntungan maksimal dari IPO. Rekannya sesama pendiri Dustin Moskovitz dan Eduardo Saverin juga akan menjadi miliuner seperti pendiri dan mantan pegawai Napster.

Pemilik saham mayoritas lainnya adalah perusahaan AS Accel Partners, perusahaan investasi Rusia Digital Sky Technologies, Microsoft dan vokalis U2 Bono.(bbc/A-147)***





sumber: Harian Pikiran Rakyat, Jumat, 18/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...