Senin, 04 Juni 2012

Ekonomi Malaysia Diprediksi Akan Menurun

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Dengan menurunnya dukungan etnik Cina terhadap pemerintah PM Najib Rajak tersebut, sejumlah pihak memprediksi ekonomi Malaysia akan mundur.

Bahkan, ambisi Malaysia untuk menjadi negara maju pada 2020 mendatang, kemungkinan tidak akan terealisasi. "Malaysia butuh banyak talenta mumpuni untuk mencapai cita-citanya menjadi negara maju. Tapi, masalahnya kini talenta tersebut meninggalkan Malaysia ," demikian tulis Bank Dunia dalam laporannya seperti dilaporkan Yahoo News, Minggu (3/6).


Di pihak lain, mundurnya dukungan etnis Cina tersebut telah berimpliksi negatif terhadap raihan suara koalisi Barisan Nasional di sejumlah negara bagian Malaysia.

Salah satunya pada pemilihan lokal baru-baru ini di Serawak Timur, Barisan Nasional hanya mampu meraih 13 kursi. Pada pemilihan sebelumnya berhasil memperoleh 19 kursi lantaran saat itu masih sepenuhnya didukung etnis Cina .

Selain itu pada pemilihan umum 2008 lalu, banyak warga Cina mengalihkan pilihannya ke partai oposisi. Hal ini telah menyebabkan perolehan suara Partai UMNO yang sejak 1957 menjadi penguasa di negara jiran tersebut menurun drastis.

Kendati masih menjadi pemenang pemilu, perolehan suara partai penguasa tersebut untuk kali pertamanya di bawah 60 persen. Hasil pemilu 2008 itu pun merupakan performa terburuk UMNO sejak berkuasa lebih dari lima dekade itu (A-133/A-89)***



Ulasan Membuka Akun AGEA





sumber: Harian Pikiran Rakyat, Minggu, 03/06/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...