Senin, 04 Juni 2012

Produk Kecantikan Indonesia Serbu Pasar Timur Tengah




DUBAI, (PRLM).- Tujuh perusahaan Indonesia mengikuti “The 16th Beautyworld Middle East Exhibition 2012” yang dibuka secara resmi oleh Abdul Rehman Saif Al Ghurair, Ketua Kamar Dagang dan Industri Dubai pada tanggal 29 Mei 2012. Ketujuh perusahaan industri kosmetika, produk kecantikan dan toiletries Indonesia tersebut adalah  PT Kinocare Era Kosmetindo, Immortal Cosmedika Indonesia Co. Ltd., Martha Tilaar Group, CV Jaya Abadi Cemerlang, Kriya Nusantara, PT Bina Karya Utama, dan PT Gautama Indah Perkasa.

Pameran yang berlangsung  di arena pameran Dubai International Convention and Exhibition Centre merupakan pameran tahunan industri produk kecantikan/ kosmetika, perawatan tubuh (Cosmetic and Toiletries/ C&T) dan kebugaran terbesar di kawasan Timur Tengah. Pameran ini sangat penting dan diperhitungkan di kawasan Timur Tengah, karena selama ini telah terbukti keberadaannya sebagai sarana bisnis yang efektif dan positif dalam membangun jejaring kerja di industri terkait.

Dalam kesempatan meninjau stand para peserta Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran setelah mengikuti upacara pembukaan, Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan pengusaha Indonesia dalam pameran Beautyworld Middle East 2012 ini. Konjen Mansyur juga menyatakan bahwa partisipasi pengusaha Indonesia sebagai peserta pameran merupakan langkah yang tepat bagi upaya promosi dan perluasan pasar penjualan produk C&T Indonesia yang telah memenuhi standar mutu internasional, baik untuk pasar Timur Tengah, Afrika maupun belahan dunia lainnya.

Konjen Mansyur menambahkan bahwa pertumbuhan pangsa pasar produk-produk C&T di kawasan Timur Tengah merupakan salah satu yang terbesar dan paling menguntungkan di dunia. Tingkat pertumbuhannya mencapai 12% per tahun. Salah satu faktor pendorong perkembangan pasar produk C&T di kawasan Timur Tengah adalah ekspansi yang cukup agresif berbagai perusahaan C&T internasional ke kawasan dan banyaknya pembangunan pusat-pusat perbelanjaan di banyak negara di kawasan. Hampir sekitar 30% dari semua ruang ritel di berbagai pusat perbelanjaan tersebut ditempati oleh para peritel produk C&T.

Konjen Mansyur menambahkan bahwa di kawasan Timur Tengah sendiri negara-negara Teluk (GCC/ The Gulf Cooperation Council) merupakan kawasan yang paling potensial. Arab Saudi, Iran dan UAE secara berurutan masih menjadi tiga besar negara dengan tingkat konsumsi produk C&T terbesar di kawasan. Secara umum rata-rata warga GCC dalam satu bulan menghabiskan sekitar US$ 334 per orang untuk kebutuhan kosmetika dan minyak wangi. Market size Arab Saudi untuk produk minyak wangi wanita sekitar US$ 121 juta dan untuk pria senilai US$ 101 juta pada 2011.

Sedangkan pasar minyak wangi GCC mencapai US$ 3 milyar. Pasar perawatan rambut di kawasan GCC pada tahun ini diestimasikan senilai US$ 584,3 juta dan diprediksi akan meningkat 16% pada 2014 mencapai nilai US$ 679,4 juta. Lebih lanjut Konjen Mansyur menginformasikan bahwa pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Dubai dan UAE mengalami peningkatan sekitar 10% dari tahun sebelumnya. Tingkat pembelian produk kecantikan di UAE pun meningkat 12,5% tiap tahunnya, dengan catatan terjadi peningkatan 30% luas area penjualan retail produk C&T di seluruh wilayah UAE. (A-147)***



Ulasan Membuka Akun AGEA





sumber: Harian Pikiran Rakyat, Jumat, 01/06/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...