Jumat, 08 Juni 2012

UGM, UI, ITS, ITB bantu bangun Mobnas listrik


Purwokerto (ANTARA) - Produksi massal mobil nasional tenaga listrik  akan disusun bersama pakar mobil listrik dari empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).


Hal tersebut dikemukakan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek) Gusti Muhammad Hatta dalam pers rilis dari Tim Staf Khusus Menegristek yang diterima ANTARA di Purwokerto, Sabtu pagi.

Gusti mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi juga akan mengadakan penelitian yang komprehensif agar mobil listrik tersebut siap digunakan, termasuk bagaimana memroduksi baterai dan infrastruktur pengisian listrik yang mesti tersedia dengan baik.

"Infrastruktur stasiun isi ulang baterai harus dibuat. Kalau tidak, bagaimana mobil bisa jalan jauh," kata Gusti.

Menurut menteri, mobil listrik yang diusung menjadi mobil nasional sangat dibutuhkan karena bisa menjadi solusi terhadap permasalahan krisis energi yang dihadapi Indonesia.

"Saya, selaku Menteri Negara Riset dan Teknologi selalu mengimbau agar produk yang dibuat anak bangsa harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini," kata Gusti

Dia mengatakan, Indonesiamembutuhkan mobil bertenaga listrik karena efisien dan ramah lingkungan jika dibanding dengan mobil berbahan bakar fosil

"Dan, yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor," katanya.
(KR-SMT)
Editor: Aditia Maruli





Ulasan Membuka Akun AGEA





sumber: AntaraNesw, Sabtu, 26/05/2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...