Jumat, 25 Mei 2012

127 Varietas Hortikultura Disiapkan untuk Jambore Nasional

GARUT, (PRLM).- Sebanyak 127 varietas dari 21 jenis tanaman hortikultura disiapkan oleh para petani bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Garut. Ratusan varietas tersebut akan menjadi bagian dari Jambore Varietas Hortikultura Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Garut pada 6 Juni nanti.

Adapun jambore yang akan dibuka langsung Menteri Pertanian RI Suswono tersebut digelar untuk mensosialisasikan dan mempromosikan berbagai jenis komoditas hortikultura dataran tinggi.


Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Garut Tatang Hidayat mengatakan, pengenalan ratusan varietas tanaman hortikultura ini sangat penting untuk dapat memperkenalkan beragam varietas dan jenis tanaman hortikultura.

Diharapkan, memperkaya wawasan petani dan berbagai stakeholder dalam hal pembudidayaan tanaman sayuran untuk berbagai pemanfaatan.

"Selama ini petani banyak tidak kenal sekian banyak varietas jenis sayuran. Kentang misalnya ada 24 varietas. Namun masih banyak petani yang belum tahu kalau ada berbagai jenis kentang dengan berbagai jenis pemanfaatanya, ada untuk keripik, ada khusus untuk kentang goreng, dan lainya. Ratusan varietas ini banyak yang belum diketahui sehingga belum optimal pembudidayaan dan penggunaanya," ungkap Tatang saat meninjau pertumbuhan tanaman kentang peserta jambore nasional di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu (23/5/12). (A-168/A-88)***


sumber: Harian Pikiran Rakyat, Kamis, 24/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...