Jumat, 25 Mei 2012

Industri Tekstil Butuhkan 1.000 Lulusan SMK

SOREANG, (PRLM).- Industri tekstil di Kabupaten Bandung saat ini, setidaknya membutuhkan 1.000 lulusan SMK untuk menempati posisi operator. Kebutuhan tersebut akan terus meningkat apabila seluruh industri di Jabar memerlukan lulusan SMK.

"Yang pasti setiap tahun, termasuk tahun ini, industri tekstil membutuhkan
banyak karyawan. Untuk Kabupaten Bandung saja, akan dibutuhkan 1.000 orang lulusan SMK bagi perusahaan tekstil," ujar Ade Sudrajat selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Tekstil Indonesia (API), Rabu (23/5/12).

Namun demikian, kata Ade, jumlah kebutuhan tersebut belum tercapai karena jumlah lulusan SMK tidak semua menjadi pekerja di perusahaan tekstil. Adapun untuk memenuhi target tersebut, bukan berarti mengambil dari lulusan SMA.

"Kebutuhan itu belum terpenuhi belum bisa dipenuhi. Kalau untuk memenuhi itu menggunakan lulusan SMA, kemungkinannya kecil bahkan tidak mungkin karena industri tekstil ini membutuhkan lulusan yang memiliki keterampilan," katanya.

Selain membutuhkan 1.000 karyawan lulusan SMK untuk posisi operator, industri tekstil juga setiap tahunnya membutuhkan 300 orang karyawan untuk posisi asisten dan 100 orang untuk posisi supervisor.

"Jumlah kebutuhan itu untuk di Kabupaten Bandung saja, khususnya setiap tahun. Makanya, kesempatan kerja di industri tekstil memang besar, asalkan lulusan SMK dan memiliki keterampilan," ujarnya. (A-195/A-88)***



sumber: Harian Pikiran Rakyat, Kamis, 24/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...