Jumat, 25 Mei 2012

Jepang Dirikan Pabrik Pengubah Batubara Jadi Minyak di Karawang

KARAWANG, (PRLM).- Japan Gas Corporation (JGC) berhasil mengubah bentuk batubara dari padat menjadi cair (minyak-Red). Dengan perubahan bentuk tersebut penggunaan batubara sebagai bahan bakar tidak akan menyisakan limbah yang berbahaya bagi kesehatan.

Perubahan bentuk bahan bakar itu didemontrasikan pihak JGC pada pabrik miliknya yang terletak
di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kamis (24/5/12). Hadir dalam acara tersebut Chairman Emeritus of JGC Grup Yoshiro Shegehisa, Anggota DPD Ginanjar Kartasasmita, Fadel Muhammad, Vice President Director JGC, Nurdin Haris, duta Besar RI untuk Jepang, Muhammad Lutfi, dan Direktur Jendral Mineral dan Batubar Kementerian ESDM, DR. Thamrin Sihite, serta segenap tamu udangan lainnya.

“Produk minyak yang berasal dari batubara ini dinamakan JGC Coal Fuel (JCF). Pabrik yang berada di Karawang ini mampu mengolah bahan baku 10 ribu ton/tahun,” ujar Yoshiro.

Dikatakan, pada tahun 2015 mendatang pihak JGC akan memasarkan produknya secara komersial dengan kapasitas satu juta ton per tahun.”Ketika sumber BBM semakin langka, keberadaan JCF dapat menggantikan BBM tersebut,” kata Yoshiro.

Menurut dia, JGC sengaja memilih Indonesia dalam menerapkan teknologinya karena Indonesia memiliki kandungan batu bara sangat besar. Bahkan produksi batubara merupakan terbesar ke-4 di dunia.

Di tempat yang sama DR Thamrin S. mengatakan, kementerian ESDM menyambut baik keberadaan pabrik pengolahan batubara tersebut. Sebab, keberadaan pabrik itu telah memberikan nilai tambah batubara sebagai alternatif bahan bakar masa depan.

Menurut dia, Indonesia sangat kaya akan mineral. Kekayaan itu tentunya harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mensejahterakan rakyat. (A-106/A-88)***



sumber: Harian Pikiran Rakyat, Kamis, 24/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...