Sabtu, 05 Mei 2012

TransJogja Rintis E-ticketing

YOGYAKARTA,(PRLM).- TransJogja memberlakukan e-tiketing dengan mengaplikasikan uang elektronik (e-money) dari perbankan yang menjadi mitra. E-tiketing ini melengkapi program serupa dalam bentuk berbeda berupa tiket dalam bentuk kartu mahasiswa UGM dan debit kartu pelajar.
E-tiketing yang baru ini dalam rintisan dan diluncurkan Jumat (4/5) atas kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY serta bank mitra (Brizzi BRI, Flazz BCA dan Mandiri Prabayar). Peluncuran e-tiketing TransJogja dilaksanakan oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantoro.
Sri Sultan berharap e-ticketing akan mendorong konsumen beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum karena kendaraan pribadi makin memenuhi badan jalan atau jumlahnya lebih banyak dari angkutan umum di Yogyakarta. Daya serap angkutan umum hampir 1,75 kali penumpang kendaraan pribadi. Jika pemilik kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum bisa mengurangabi beban jalan.
Menurut dia pemberlakukan e-ticketing ini pangsa pasarnya, selain pengendara mobil pribadi, juga para nasabah perbankan, yang memodifikasi kartu debetnya dengan fitur yang diperlukan sesuai sistem tiket TransJogja. Jika upaya ini sukses, menurut Sri Sultan, Yogyakarta bisa mencerahkan lingkungan perkotaandan pembangunan sektor transportasi darat yang ramah lingkungan dan populis. Apalagi statusnya sebagai kota budaya, wisata dan pendidikan, sistem transportasi terpadu dan ramah lingkungan serta cepat harus dimiliki seperti model TransJogja.
Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyatakan e-ticketing TransJogja merupakan sarana membayar ongkos naik angkutan umum yang pertama di tanah air. "Yogyakarta menjadi yang pertama dalam memiliki program e-ticketing ini. Semoga e-ticketing angkutan umum menjadi percontohan kota-kota lain,” ujar dia.
Menurut dia, e-ticketing sangat penting untuk dijadikan bagian dari revitalisasi transportasi angkutan umum. Transportasi di masa depan pada kendaraan umum, tidak bisa menggantungkan mobil pribadi.
Operasional sistem e-ticketing, pengguna menempelkan kartu uang elektronik ke mesin di pintu akses selter TransJogja. Ketika sistem tersambung, mesin akan mendebet uang milik pengguna secara otomatis.(A-84/A-107)***
sumber: Harian Pikiran Rakyat, Jumat, 04/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...